Diduga Akibat Keracunan Limbah Perusahaan Ribuan Ikan Mati

ikan-mati

Kabarlamongan – Peristiwa –  Ribuan ikan di perairan Paciran Lamongan  mendadak mati dan membusuk. Akibatnya, ratusan nelayan resah  karena tangkapan ikan penurun dratis. Nelayan memperkirahkan, matinya ribuan biota laut itu diduga akibat keracunan limbah perusahaan yang ada di sekitar laut.

 
Agar bau buruk tidak semakin menyengat, para nelayan memungut berbagai jenis ikan yang sudah membusuk, ikan mati membusuk seperti udang, lobster, rajungan,kepiting, ikan krapu dan masih banyak lainnya.

 
Ketua rukun nelayan Desa Paciran Muhlisin mengatakan, ribuan ikan mati sudah berlangsung tiga pecan terkhir ini. ” matinya ribuan ikan ini membuat ratusan nelayan resah karena berdampak pada  penurunan pendapatan yang selama ini menjadi mata pencaharian warga,”ujar Muhlisin.

 

“Sebenarnya, nelayan Paciran sudah melaporkan dan menyerahkan barang bukti ikan mati, air dan limbah lumpur  ke dinas perikanan dan kelautan kabupaten Lamongan, namun  belum ada tanggapan.”Kata Muhlisin saat memunguti ikan yang mati.

 

Senada juga diungkapkan Wiwid,  salah satu nelayan setempat, menurutnya sebelum banyak ikan mati neyalan dalam sehari bisa 10 kilo hingga 20 kilogram ikan segar sekali melaut,  namun  sejak ikan mati mendadak tangkapan ikan menurun dratis bahkan nelayan tidak dapat tangkapan sama sekali.

 

“kami memperkirahkan, matinya ribuan ikan akibat keracunan imbah perusahaan yang ada di sekitar perairan paciran yang jumlahnya puluhan yang membuang limbah ke laut,”ungkap Wiwid.