Dua Calon Jamaah Haji Lamongan Diperkirahkan Gagal Berangkat

haji copy

Kabar – Peristiwa – Serangkaian persiapan untuk menunaikan ibadah haji tahun 2016  mulai dijalani Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Lamongan, salah satunya (CJH) diwajibkan mengikuti tes kesehatan.

Dari 1.314 Calon Jammah Haji (CJH)  yang mengikuti tes kesehatan, terdapat dua CJH yang diperkirakan gagal pergi ke Tanah Suci – Mekkah lantaran terkendala kesehatan.

“Terindikasi tidak berangkat itu dua orang  calon jamaah haji yang kami periksa ini karena gagal ginjal, dengan hemodialisis, atau cuci darah reguler, maupun perminoal mandiri atau di masukkan selang sendiri tidak bisa berangkat tahun ini,” ungkap Kabid Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Lamongan, Bambang Susilo.

Penyakit itu terungkap setelah Dinkes bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soegiri Lamongan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para CJH sejak Rabu (27/7/2016) hingga berakhir Jumat (29/7/2016) hari ini.

Bambang menjelaskan, dua orang CJH yang terindikasi memiliki penyakit gagal ginjal berada di kategori empat. “Dari permenkes 15, tahun 2016, di situ tidak memenuhi Istitha’ah kesehatan, ini mohon maaf sesuai aturan tidak bisa diberangkatkan,” bebernya.

Lebih lanjut, Bambang menyatakan, pihaknya akan merekomendasikan dua CJH tersebut ke Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamongan.

“Saya tulis tidak memenuhi syarat istithaah kesehatan, yang mana nanti akan saya sampaikan ke Kementerian Agama setempat, untuk di tindak lanjuti,” ujarnya.

Setelah mendapatkan rekomendasi dari Dinkes, sambung Bambang, Kemenag Lamongan akan menggelar sidang untuk mengeluarkan keputusan, apakah dua orang CJH tersebut berangkat atau tidak. ” Semua keputusan ada di tangan Kementerian Agama,” urainya.